Rijksmuseum, Tempat Bagi Pecinta Seni


Rijksmuseum
Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands

Saya suka museum. Tak peduli, apapun kata orang mengenai museum. Kuno, antik, tua, membosankan. Apalah itu. Saya bukan pencinta berat seni. Jangankan melukis, menggambar pun saya susah. Saya masih ingat, saat kuliah di Arsitektur, sahabat saya Amy, selalu membantu saya untuk membuat sketsa desain – desain bangunan yang telah selesai saya rancang. Namun, saya tetap suka museum. Saya suka mengamati lukisan berlama – lama, meskipun saya tak tahu siapa pelukisnya. Saya suka mengamati mangkok – mangkok dan bejana tembikar kuno, meskipun saya tak pernah ingat kapan mereka dibuat. Saya juga menikmati duduk – duduk di dalam museum sambil mengamati orang lalu lalang. Ada sensasi yang tidak bisa saya lukiskan dengan kata – kata ketika saya berada di museum. Seperti saya menyebrang ke dimensi lain, menembus ruang waktu dan mendarat di masa lampau.

Rijksmuseum yang dikenal sebagai museum terbesar di Belanda, tentu ada di list utama saya. Saya membeli tiket online, dibantu oleh seorang pegawai Hostelle. Membeli tiket online akan sangat membantu untuk memotong antrian bak ular naga. Trust me, museum – museum di Eropa penuh dengan pengunjung. Menuju ke sana, dari stasiun Blijmer Arena, saya naik kereta menuju Amsterdam Centraal, stasiun kereta api utama di Amsterdam. Dari sana, saya harus menyambung dengan tram untuk tiba di Museum. Cuaca masih dingin, berkisar 15 derajat Celcius. Meskipun sudah memakai sweater, saya tetap membawa winter jacket karena suhu bisa tiba-tiba turun drastis.

Interior Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
Interior Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
Interior Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
Interior Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands

Banyak sekali yang bisa dilihat di Rijksmuseum. Namun, karena waktu yang terbatas, saya hanya fokus pada koleksi lukisan. Senangnya bisa melihat lukisan – lukisan para pelukis terkenal. Van Gogh, Johannes Vermeer, Rembrandt, Claude Monet dan pelukis – pelukis lain yang namanya saya tidak ingat lagi. Lukisan – lukisan dengan latar Indonesia juga banyak terpampang. Yah, kan Belanda pernah tinggal di sana selama 350 tahun. Ada lukisan pelukis terkenal asal Indonesia, Raden Saleh. Ada pula perisai Aceh.

Self Portrait by Vincent Van Gogh, Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
Self Portrait by Vincent Van Gogh, Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
The Milkmaid by Johannes Vermeer
The Milkmaid by Johannes Vermeer

 

Portrait of Raden Syarif Bustaman Saleh
Portrait of Raden Syarif Bustaman Saleh
Perisai Aceh di Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
Perisai Aceh di Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
Rumah Boneka di Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
Rumah Boneka di Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands

Saya suka sekali dengan lukisan – lukisan karya pelukis Belanda. Selalu menggambarkan pemandangan Belanda di masa lalu. Dengan desa – desanya yang dilengkap kincir angin dan kincir air. Kapal laut dan ombak – ombak menerjang, balai kota lama, dan lukisan orang – orang yang sedang berpesta. Lukisan – lukisan itu begitu hidup, seperti bisa menceritakan kisah di balik gambar – gambar lukisan. Ada juga lukisan – lukisan abstrak, dan saya tidak terlalu mengerti maksud dibalik lukisan tersebut.

Winter Landscape by Jacon Isaacksz, Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands
Winter Landscape by Jacon Isaacksz, Rijksmuseum, Amsterdam, the Netherlands

Untuk koleksi lukisan, bisa dilihat di blog saya satu lagi. Linknya bisa di klik di sini, di sini dan di sini.

Di dalam museum juga banyak bangku – bangku untuk beristirahat. Tidak terasa, waktu berlalu dengan cepat. Hari sudah sore ketika saya meninggalkan museum. Namun, langit masih terang. Musim semi di Belanda, langit mulai gelap saat waktu menunjukkan waktu pukul 9 malam. Siang yang panjang.

Leave a Reply

